SELAMAT DATANG

Kamis, 08 Desember 2011

Mengapa hukuman diberikan kepada peserta didik & sebutkan beberapa teori hukuman?


Jawaban:



Fungsi atau tujuan pokok dari pemberian hukuman adalah membangkitkan perasaan tanggung jawab dan kajian sebagai peserta didik.  Dalam dunia pendidikan islam, selain fungsi-fungsi secara umum diatas yang merupakan fungsi hukuman dalam dunia pendidikan islam,fungsi utama hukuman dalam pendidikan islam berkaitan dengan hakikat pendidikan islam. Menurut Prof. H. M Arifin berkata bahwa :" hakikatpendidikan islam adalah usaha orang dewasa muslim yang bertaqwa secara sadar mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serta perkembanganfikiran (kemampuan dasar) anak didik melalui ajaran islam ke arah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangan Dengan memperhatikan hakikat pendidikan islam seperti yang telahdisampaikan Prof. H.M Arifin diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi utama hukuman dalam pendidikan islam adalah sebagai alat untuk mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serta perkembangan fitrah anak didik yangmelekukan penyimpangan atau pelanggaran tidak melenceng daria arah titikmaksimal pertumbuhan dan perkembanganny, yakni menjadi manusia yangsempurana (insan kamil)yang memahami dan melaksanakan ajaran Islam .



(fungsi diterapkanya hukuman) berdasarkan teeorinya, yaitu sebagai berikut :

1. Teori kerenggangan Teori ini mengatakan bahwa dengan diberikannya hukuman kepadasubyek yang melakukan kesalahan maka akan menyebabkan hukumanrangsang reaksi antara tindakan salah dengan hukuman. Tindakan salah akanmenjadi renggang dengan hukuman, demikian juga dengan imdividutersebut akan menjadi renggang dengan tindakan menyimpang itu.

2. Teori penurunan Teori ini mengatakan bahwa dengan diberikannya hukuman kepadasubyek yang melakukan kesalahan, subyek tersebut akan mengurangi ataumenurunkan frekwensi tindakan negative tersebut.

3. Teori penjelasan Dalam teori ini menjelaskan bahwa hukuman merupakan sesuatuyang tidak enak dirasakan, dapat diibaratkan sebagai "pil pahit". Oleh karenarasanya pahit itulah, maka subyek yang mendapat hukuman (yang telahmerasakan sendiri pahitnya pil) tidak ingin memperoleh hukuman kembali, untuk mereka berusah selalu menghindari pengulangan terjadinya perbuatanyang berhubungan langsung dengan hukuman itu.

4. Teori system motivasi Teori ini mengatakan bahwa jika individu mendapat hukuman, maka akan terjadi perubahan dalam system motivasi pada diri individu. Perubahandalam system motivasi tersebut mengakibatkan penurunan pada individuuntuk mengurangi atau frekwensi perilaku atau tindakan yang berhubungandengan timbulnya hukuman yang bersangkutan.

Teori lain diantaranya:

1.      Teori pembalasan yaitu teori pembalasan dendam

2.      Teori perbaikan yaitu teori untuk memperbaiki pelanggar

3.      Teori perlindungan yaitu teori untuk melindungi masyarakat

4.      Teori ganti kerugian yaitu teori hukuman untuk menimbulkan perasaan takut kepada si pelanggar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar