SELAMAT DATANG

Kamis, 08 Desember 2011

Hakikat pendidikan menurut anda, perbedaan antara pendidikan dan ilmu pendidikan?


Jawaban:

Hakikat pendidikan

Berdasarkan undang-undang Sisdiknas No.20 tahun 2003 Bab I, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Menurut William F (tanpa tahun) Pendidikan harus dilihat di dalam cakupan pengertian yang luas. Pendidikan juga bukan merupakan suatu proses yang netral sehingga terbebas dari nilai-nilai dan Ideologi.
Kosasih Djahiri (1980 : 3) mengatakan bahwa Pendidikan adalah merupakan upaya yang terorganisir, berencana dan berlangsung kontinyu (terus menerus sepanjang hayat) kearah membina manusia/anak didik menjadi insan paripurna, dewasa dan berbudaya (civilized).

Dari pengertian tersebut bahwa pendidikan merupakan upaya yang terorganisir memiliki makna bahwa pendidikan tersebut dilakukan oleh usaha sadar manusia dengan dasar dan tujuan yang jelas, ada tahapannya dan ada komitmen bersama didalam proses pendidikan itu. Berencana mengandung arti bahwa pendidikan itu direncanakan sebelumnya, dengan suatu proses perhitungan yang matang dan berbagai sistem pendukung yang disiapkan. Berlangsung kontinyu artinya pendidikan itu terus menerus sepanjang hayat, selama manusia hidup proses pendidikan itu akan tetap dibutuhkan, kecuali apabila manusia sudah mati, tidak memerlukan lagi suatu proses pendidikan.

Berbagai pendapat mengenai hakikat pendidikan dapat digolongkan atas dua kelompok besar yaitu :

1.      Pendekatan reduksionisme

a.       Pendekatan pedagogis / pedagogisme

b.      Pendekatan Filosofis / filosofisme

c.       Pendekatan religius / religionisme

d.      Pendekatan psikologis / psikologisme

e.       Pendekatan negativis / negativisme

f.       Pendekatan sosiologis / sosiologismu

2.       Pendekatan holistik integrative

a.       Pendidikan merupakan suatu proses berkesinambungan.

b.      Proses pendidikan berarti menumbuhkembangkan eksistensi manusia.

c.       Eksistensi manusia yang memasyarakat.

d.      Proses pendidikan dalam masyarakat yang membudaya.

e.       Proses bermasyarakat dan membudaya mempunyai dimensi-dimensi waktu dan ruang.

Perbedaan antara pendidikan dan ilmu pendidikan

-          Pendidikan (Paedagogie) : berasal dari bahasa Yunani terdiri dari kata “PAIS”, artinya anak, dan “AGAIN” diterjermahkan membimbing , jadi paedagogie yaitu bimbingan yang diberikan kepada anak. Atau dalam kata lain, aktifitas yang dilakukan secara sengaja dan terencana untuk manusia dewasa yang bertujuan untuk membantu manusia lain agar menjadi manusia yang mandiri fisik maupun mental.

-          Ilmu pendidikan (Paedagogik) : berasal dari kata yunani paedagogia yang  berarti “pergaulan dengan anak-anak “. Paedagogos ialah seorang pelayan atau bujang pada zaman Yunani kuno yang pekerjaannya mengantar  dan menjemput anak-anak ke dan dari sekolah. Atau dalam kata lain, ilmu yang mempelajari hal/peristiwa yang timbul dalam praktek pendidikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar